Novrizal Zainal: Pendiri KSU Musara Pakat


Bisnis Komunitas dengan Petani Kopi  Arabika Gayo.

 

KSU Musara Pakat awal berdirinya adalah Gabungan dari beberapa kelompok tani petani kopi gayo di desa Jaluk, Aceh Tengah yang terbentuk pada bulan Oktober 2014. Awalnya pogram ini adalah pogram recovery ekonomi dari Dompet Dhuafa pasca bencana gempa bumi di tanah Gayo pada tanggal 2 Juli 2013. Saat ini sudah 100 petani ikut tergabung dalam koperasi desa ini dengan total luas perkebunan kopi seluas 45 hektare.

Dataran tinggi Gayo merupakan daerah dengan hamparan perkebunan kopi arabika terbesar di Indonesia, dan mayoritas masyarakat nya menggantungkan hidupnya dari kopi. Diluar dari Dampak Gempa yang melanda Tanah Gayo, umumnya petani petani kecil di desa  taraf hidup tidak beranjak naik. Ini disebabkan minimnya pengetahuan mereka terhadap budidaya yang benar dan pengolahan pasca panen . Sehingga kualitas dan harga jual  kopi mereka jauh dibawah standar. Umumnya petani menjual hasil pertanian mereka secara individual sehingga kurang nya nilai tawar nya pada tengkulak lokal yang menampung kopi mereka. Satu Hal yang paling memprihatinkan bagi sebagian petani adalah keterikatan mereka dengan para tengkulak local, ini terjadi karena banyak dari para petani yang terikat pinjaman dengan para tengkulak tersebut. Sehingga setiap masa panen mereka harus menjual hasil panen nya ke mereka yang kadang-kadang harga beli nya dibawah harga pasaran.

Beranjak dari persoalan-persoalan tersebut, pasca mengikuti pogram agropreuneur muda Indonesia Bangun Desa (IBD) di Bogor tahun 2013, Saya yang berasal dari orang tua petani dan memiliki hoby dengan dunia pertanian, Akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke Aceh dan diberi kepercayaan untuk mendampingi petani kopi di Desa Jaluk, Aceh Tengah.

Dari segi ekonomi, KSU Musara Pakat menjadi wadah bisnis komunitas bagi anggota dalam penyerapan kopi, dimana kami menampung dan membeli kopi para anggota kelompok dan diolah menjadi kopi kualitas terbaik sesuai dengan standar dan menjual nya kembali secara bersama-sama sehingga punya nilai tawar dengan para buyer.

Dan dari segi Lingkungan, Bersama KSU Musara Pakat ini  kami mengajak para anggota untuk menerapkan teknologi pertanian sehat tepat guna, dengan tujuan agar menekan angka penggunaan pupuk kimia yang berlebihan , maka  kami menyediakan rumah kompos yang digunakan bersama sebagai pendukung kegiatan ini.

Upaya yang dilakukan KSU Musara Pakat dalam  melepaskan para petani dari jeratan pinjaman tengkulak adalah dengan memberikan  pinjaman non bunga untuk  kebutuhan pendukung pertanian anggota kelompok, kredit ini akan dicicil selama musim panen tanpa mengurangi harga beli dari petani.

Saat ini KSU Musara Pakat memiliki produk kopi bubuk binaan anggota dengan brand Datu Jaluk dengan nomor PIRT 610-1106550105-20 dan PIRT 510-1106550105-20, produk ini menjadi nilai tambah dari kopi para petani serta menumbuhkan jiwa wira usaha dan menjadi media mempromosikan produk  kopi para petani  binaan luar daerah.

 

 

Nama Komunitas             : KSU Musara Pakat

Berdiri                                   : 2014

Alamat                                  : Jl. Angkup – Blang Mancung. Desa Jaluk, Kecamatan Ketol,

Kabupaten Aceh Tengah. Provinsi Aceh.

Ketua    / Pendamping          : Novrizal Zainal

Bidang                                  : Ekonomi, Pertanian, Lingkungan.

Facebook                             : KSU Musara Pakat, Novrizal Nopen Bin Zainal

Email                                   : ksu.musarapakat@gmail.com , novrizalzainal@gmail.com

Daerah                                : Takengon, Aceh Tengah