Adi Kusmayadi: Pendiri Bengkel Kreativitas BBC Indramayu


Banyak sejarah mencatat bagaimana buku dan ilmu pengetahuan dapat mengubah individu ke arah yang lebih baik. Bahkan Allah SWT menurunkan perintah untuk iqra’, membaca, dalam ayat pertama yang diwahyukan pada manusia melalui Rasulullaah Saw. Namun kelahiran Bintang Book Corner atau biasa disingkat menjadi BBC Indramayu pada mulanya adalah sekedar obrolan  ringan dan ide tiba-tiba tentang buku-buku koleksi pribadi yang lebih sering dibiarkan menganggur setelah dibaca. Ide tersebut kemudian berkembang menjadi lebih serius melihat kondisi masyarakat Indramayu pada umumnya. Dengan Iindeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih rendah bila dibandingkan dengan kota dan kabupaten lain di Jawa Barat, BBC kemudian memilih untuk fokus dalam mengenalkan buku bacaan pada masyarakat, khususnya anak-anak. Kami ingin buku-buku yang kami miliki secara pribadi bisa bermanfaat bagi orang lain, harapan besarnya bisa bermanfaat bagi kabupaten di pesisir utara Jawa Barat ini.

10574319_162751707421798_5760526323711980120_n

Sejak berdiri pada 1 Juni 2014, Bintang Book Corner sebagai sebuah taman bacaan masyarakat berkomitmen untuk menyediakan akses buku berkualitas bagi anak-anak dan masyarakat di Kabupaten Indramayu.Kami percaya bahwa minat baca anak-anak Indramayu sebenarnya tidak rendah. Namun yang menjadi kendala adalah keterbatasan akses terhadap buku-buku bacaan berkualitas. BBC dikembangkan secara swadaya oleh anak-anak muda Indramayu. Kehadiran BBC disambut baik oleh masyarakat di sekitar sekretariat yang disewa secara swadaya pula oleh pengurusnya. Untuk mengakomodasi keinginan masyarakat, mengawali langkahnya pada bulan Juni 2014 dengan membuka kelas mengaji bagi anak-anak di sekitar sekretariat BBC.

Untuk mendukung peningkatan minat baca dan pengembangan literasi di Kabupaten Indramayu, BBC menyelenggarakan beberapa program seperti peminjaman buku secara gratis, Piknik Buku yang diselenggarakan di ruang-ruang terbuka publik, workshop kepenulisan, diskusi buku,   menyelenggarakan kegiatan Buka Puasa Bersama 165 anak yatim di Panti Asuhan Raudhotul Muta’alimin, serta membangun jejaring dengan taman bacaan atau komunitas baca lain di Kabupaten Indramayu.

Di akhir tahun 2015, BBC memilih untuk fokus mengembangkan minat baca di Desa Singaraja, Kabupaten Indramayu. Saat ini, BBC memiliki lebih dari 400 buku yang bisa diakses oleh masyarakat dan anak-anak di desa tersebut. Buku-buku tersebut selain berasal dari koleksi pribadi, juga berasal dari bantuan berbagai pihak, seperti teman, Asia Foundation, Forum Taman Bacaan Masyarakat, FPM Baitul Hikmah, Persatuan Warnet Indramayu, IDA Polban Bandung, dan sebagainya.

Karena kami percaya, minat baca bukan sesuatu yang dibawa sejak lahir. Melainkan dapat ditumbuhkan jika ada akses yang mudah bagi anak dalam memperoleh buku berkualitas.

  1. Piknik Buku

bbc1

Piknik Buku adalah salah satu upaya BBC dalam mendekatkan buku ke masyarakat. Kami di BBC percaya bahwa minat baca yang rendah lebih diakibatkan oleh adanya gap yang jauh antara buku dengan masyarakat. Oleh karena itu, sebagai langkah awal untuk menarik minat masyarakat, terutama anak-anak, BBC menggelar PiknikBuku. Piknik Buku pertama kali digelar di Sport Center Indramayu, satu titik yang menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati sore sambil ngabuburit (menunggu waktu berbuka). Pada gelarannya yang pertama pada Ramadhan tahun 2014 tersebut, BBC menarik masyarakat untuk berkunjung.

Saat ini, PiknikBuku telah berjalan sebanyak 12 kali dan akan berlanjut secara rutin dua kali dalam satu bulan di wilayah Singaraja dan Karang Anyar, Kecamatan Indramayu – Kabupaten Indramayu. BBC juga pernah menerima beberapa permintaan Piknik Buku dari Relawan Rumah Zakat Indramayu, IDA Polban, serta Komunitas Cita Rasa Kebaikan Pelajar (Cakep) Indramayu.

 

  1. Workshop Menulis

Di tahun 2014, BBC terpilih menjadi salah satu daerah yang disinggahi oleh Tim Tur Literasi Anyer-Panarukan yang digagas oleh Gol A Gong (penulis). Dalam gelaran tersebut, BBC menyelenggarakan workshop menulis dengan Gol A Gong sebagai pembicara, yang disambut antusias oleh anak muda Indramayu.

Pada 14 Februari lalu, BBC dan Ikatan Remaja Masjid Limbangan Indramayu menggelar Workshop Menulis sebagai salah satu upaya menghidupkan kembali taman bacaan di Desa Limbangan Indramayu. Workshop ini juga dihadiri oleh Gol A Gong dan didukung oleh Forum Taman Bacaan Masyarakat.

  1. Diskusi Buku

Tepat pada ulang tahun BBC yang pertama, BBC menyelenggarakan Diskusi Buku untuk pertama kalinya. Diskusi ini bertajuk “Budaya Dermayu”  yang juga merupakan buku budayawan Indramayu, Supali Kasim. Kegiatan ini dihadiri oleh Saptaguna dan  Yohanto A. Nugroho (budayawan Indramayu), blogger, dan pemuda-pemudi Indramayu.

  1. Buka Puasa Bersama Anak Yatim

Selain kegiatan di atas, BBC juga menggelar kegiatan sosial yang bekerja sama dengan Jupiter English Club seperti Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Singaraja pada tahun 2015

 

  1. Lomba-Lomba

Sampai saat ini, BBC menggelar lomba bertepatan dengan diselenggarakannya Piknik Buku, sebagai salah satu agenda untuk memeriahkan Piknik Buku. Lomba yang pernah dilakukan antara lain lomba menggambar, mewarnai, hafalan surat, serta lomba adzan.
PROFIL BINTANG BOOK CORNER

Nama lembaga : Bintang Book Corner (BBC) Indramayu
Ketua : Adi Kusmayadi
Alamat : Blok Pulo No. 099 RT.10/RW.03 Ds. Singaraja Kec. Indramayu- Kab. Indramayu
Email : bintangbookcorner@gmail.com
Fanpage Facebook : Bintang Book Corner Indramayu
Facebook : Bintangbook Corner
Twitter : @BintangBook_IMY
Blog : www.bbcindramayu.blogspot.com
Tahun pendirian : 2014
Sasaran : anak-anak dan masyarakat umum
Jumlah buku : 400 judul
Kegiatan budaya baca yang dikembangkan : 1.       Kelas mengaji (2014)

2.       Workshop menulis (2014)

3.       Diskusi buku (2015)

4.       Piknik buku (2014-2015)